Cara menjumlah data di excel spreadsheet - Rumus SUM

Tutorial Cara Menggunakan Rumus SUM di Excel Spreadsheet

Tutorial Cara menjumlah data di excel spreadsheet SUM

Cara menjumlahkan data di Excel Spreadsheet dasar nya menggunakan SUM , dan bisa dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan Penggunanya

1. Cara Menjumlah Data di Excel Spreadsheet SUM

2. Cara Menjumlah Data dengan Kriteria di Excel Spreadsheet SumIF

3. Cara Menjumlah Data dengan Banyak Kriteria di Excel Spreadsheet SumIFS

4. Cara Menjumlah Data dengan Kriteria Secara Otomatis ke dalam rentang di Excel Spreadsheet Array Formula SumIF

5. Cara Menjumlah Data dengan Banyak Kriteria Secara Otomatis ke dalam rentang di Excel Spreadsheet Array Formula dan SumIF

Rumus Excel SPreadsheet Lengkap Telegram

Tutorial Cara Menjumlah Data Di Excel Spreadsheet SUM 

Rumus SUM - Digunakan untuk untuk menjumlah suatu data atau rentang nilai di excel Spreadsheet secara otomatis, Fungsi SUM adalah fungsi excel yang digunakan untuk melakukan penjumlahan data atau menambahkan semua angka yang kita tentukan sebagai argumen. Dengan kata lain kegunaan SUM pada excel adalah untuk menjumlahkan data atau angka yang terdapat pada beberapa sel atau range yang ditentukan. Cara menghitung jumlah di excel dengan rumus SUM bisa berbentuk range, referensi sel, array, konstanta, rumus, atau hasil dari fungsi lain. Fungsi penjumlahan ini merupakan salah satu fungsi excel yang paling banyak diketahui dan digunakan oleh setiap pengguna microsoft Excelataupun spreadsheet.

Bagaimana cara mencari jumlah nilai data secara otomatis di Excel Spreadsheet ? Berikut cara menampilkan hasil Rumus SUM untuk menghitung jumlah data Nilai data di excel spreadsheet.


Formula SUM di Excel Spreadsheet

= SUM (Rentang Data yang akan dijumlah )


Fungsi SUM di Excel Spreadsheet

= SUM (H4:H18)


Contoh Penggunaan Rumus SUM di Excel Spreadsheet

Terdapat data penjualan bulanan yang akan di jumlah dengan rumus SUM




Tutorial Cara menjumlah data dengan 1 Kriteria di Excel Spreadsheet

Rumus SumIF - Digunakan untuk untuk menjumlah suatu rentang nilai data dengan 1 kriteria di excel Spreadsheet

Bagaimana cara mencari jumlah nilai dengan 1 Kriteria secara otomatis di Excel Spreadsheet ? Berikut cara untuk menghitung jumlah data dengan 1 kriteria di excel spreadsheet.


Formula SumIF di Excel Spreadsheet

= SumIF ( Rentang Kriteria ; Kriteria ; Rentag Data Yang Akan Di cari jumlahnya )

Fungsi SumIF di Excel Spreadsheet 1

Rentang Kriteria = Kategory = C5:C19

Kriteria = Food = J5

Rentag Data Yang Akan di cari jumlahnya = Nominal = H5:H19

=SumIF (C5:C19;J5;H5:H19)


Contoh Penggunaan rumus SumIF di Excel Spreadsheet 1

Disini tersedia data dari penjualan bulanan, yang disitu ada 2 kategory yang pertama food dan yang ke 2 beverage, dan akan dihitung jumlah dari masing masing kategory nya.


Fungsi SumIF di Excel Spreadsheet 2

Rentang Kriteria = Sub Kategory = D5:D19

Kriteria = Snack = J12

Rentag Data Yang Akan di cari jumlahnya = Nominal = H5:H19

= SumIF (D5:D19; J12;H5: H19)


Contoh Penggunaan rumus SumIF di Excel Spreadsheet 2

Disini tersedia data dari penjualan bulanan, yang disitu ada 4 Sub kategory yaitu Snack, Nasi, Juice & Coofee , dan akan dihitung jumlahdari masing masing Sub kategory nya.







Tutorial Cara menjumlah data dengan lebih 1 2 3 kriteria di Excel Spreadsheet

Rumus SumIFS Digunakan untuk untuk menjumlah suatu rentang nilai data dengan lebih 1 2 3 kriteria di excel Spreadsheet

Bagaimana cara mencari jumlah nilai dengan lebih 1 2 3 Kriteria secara otomatis di Excel Spreadsheet ? Berikut cara untuk menghitung jumlah data dengan lebih 1 kriteria di excel spreadsheet.


Formula SumIFS di Excel Spreadsheet

= SumIFS ( Rentang data yang akan dicari jumlah nya ; Rentang Kriteria 1 ; Kriteria 1 ; Rentang Kriteria 2 ; Kriteria 2 )


Fungsi SumIFS di Excel Spreadsheet

Rentang data yang akan dicari jumlah nya = Nominal = F5:F19

Rentang Kriteria 1 = Jenis Kelamin = D5:D19

Kriteria 1 = Laki -laki = H5

Rentang Kriteria 2 = Member = E5:E19

Kriteria 2 = Yes = I5

= SumIFS (F5:F19; D5:D19; H5;E5: E19;I5)


Contoh Penggunaan Rumus SumIFS di Excel Spreadsheet

Disini tersedia data dari Penjualan bulanan, yang disitu ada jenis Kelamin dan yang punya member dan yang tidak punya member , dan akan dihitung jumlah dari masing masing type nya.





Jasa Joki Olah Data Excel 


JOKITA Menerima Jasa joki excel spreadsheet sesuai pesanan dari progranm yang sederhana sampai kompleks, seperti perhitungan Harga Pokok Penjualan otomatis, Pos Input Penjualan untuk Kasir, pembuatan laporan analisis penjualan, absensi karyawan, Siklus Akuntansi Excel Spreadsheet Laporan Keuangan otomatis, Data Base pengelolaan Karyawan, perhitungan gaji karyawan, inventory Keuar masuk persediaan barang dagang otomatis dan lain sebagainya. info lengkap ada di halaman Jasa joki excel bisa hub lewat Whatsap JOKITA 6285754816044


Rumus Dasar
List Materi Akuntansi dan Manajemen Keuangan - Flowdi Consulting

Komentar

Joki Tugas Akuntansi

Rumus Excel Dasar

Rumus Excel Logika

Rumus Excel Pencarian

Rumus Excel Statistic

Rumus Excel Text

Rumus Excel Array

- Manfaat penggunaan Rumus

- App Script