Cara Menghitung Jam Kerja Karyawan Slip Gaji Otomatis di Excel
Rumus Cara Menghitung Jam Kerja Karyawan dan Slip Gaji Otomatis di Excel Spreadsheet
Pada saat menghitung gaji karayawan di excel dioperlukan rekap absensi untuk menghitung lembur karyawan dan keterlambatan absensi karyawan sesuai standar yang telah ditentukan perusahaan, maka harus dihitung dengan formula excel spreadsheet agar bisa otomatis merekap semua data karyawan. dan selanjutnya dari perhitungan tersebut akan secara otomatis dapat membuat slip gaji otomatis untuk karyawan.
Cara menghitung jam kerja bisa dilakukan dengan mudah. Sebagaimana diketahui, perusahaan wajib memiliki ketentuan waktu kerja untuk karyawannya. Dalam hal ini, antara satu perusahaan dengan perusahaan lain mempunyai ketentuan jam kerja yang berbeda. Namun umumnya jam kerja adalah delapan jam hingga sembilan jam per hari. Sebenarnya sudah ada ketentuan mengenai jam kerja di Indonesia. Hal itu diatur dalam UU Ketenagakerjaan. Untuk mengetahui cara menghitung jam kerja yang proporsional, simak informasinya berikut ini.
Ketentuan Jam Kerja Menurut Undang-Undang
Peraturan mengenai jam kerja karyawan telah diatur dalam UU Ketenagakerjaan Pasal 77 sampai Pasal 85, UU Nomor 13 Tahun 2003, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020, Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2021.
Berdasarkan aturan itu, perhitungan jam kerja karyawan dibedakan ke dalam dua pembagian waktu, yaitu:
Bekerja selama 7 jam per hari atau 40 jam per minggu (Jika bekerja selama 6 hari dalam 1 minggu)
Bekerja selama 8 jam per hari atau 40 jam per minggu (Jika bekerja selama 5 hari dalam 1 minggu)
Ketentuan Jam Istirahat Karyawan
Perlu diketahui, jam kerja yang disebutkan di atas tidak termasuk jam istirahat. Hal ini karena jam istirahat adalah hak setiap karyawan. Berdasarkan UU Ketenagakerjaan Pasal 79 ayat (2) huruf a yang disadur dari jdih.go.id, durasi istirahat karyawan adalah minimal 30 menit setelah bekerja selama empat jam terus-menerus. UU Ketenagakerjaan Pasal 80 menyebutkan bahwa perusahaan wajib memberikan kesempatan bagi pekerja untuk melaksanakan ibadah berdasarkan keyakinannya. Sehingga dapat dikatakan, waktu untuk ibadah tidak termasuk ke dalam waktu kerja.
Cara Menghitung Jam Kerja dalam Satu Tahun
Sebagai contoh, bila ada 52 minggu dalam satu tahun, cara menghitung jam kerjanya adalah sebagai berikut:
52 minggu x 40 jam = 2080 jam kerja per tahun.
Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, ada dua pembagian waktu kerja berdasarkan aturan Undang-Undang Ketenagakerjaan. Karena itu, untuk mengetahui jam kerja karyawan ialah seperti di bawah.
52 minggu x 5 (jumlah hari kerja per minggu) = 260 hari kerja per tahun
52 minggu x 6 (jumlah hari kerja per minggu) = 312 hari kerja per tahun
Cara Menghitung Jam Kerja dalam Satu Bulan
Dari perhitungan jumlah hari kerja satu tahun di atas, maka perhitungan mengenai jumlah hari kerja satu bulan, yaitu:
5 hari kerja seminggu: 260 hari kerja selama per tahun/12 bulan= 22 hari kerja.
6 hari kerja seminggu: 312 hari kerja selama per tahun/12 bulan= 26 hari kerja.
Ketentuan Lembur Karyawan
Terkadang ada perusahaan yang meminta karyawan bekerja melebihi batas waktu yang ditentukan. Lantas bagaimana ketentuannya? Berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor 102 Tahun 2004, perusahaan wajib membayar upah lembur ke karyawan yang bekerja di luar jam kerja. Kemudian ada dua syarat pemberian upah lembur. Yang pertama, harus ada kesepakatan dari karyawan mengenai nominal upah kerja lembur. Selanjutnya, tentang waktu kerja lembur, karyawan hanya bisa lembur maksimal 3 jam sehari atau 14 jam selama satu minggu.
Rumus yang digunakan untuk Menghitung Jam Kerja Karyawan dan Slip Gaji Otomatis di Excel Spreadsheet
1. Time
2. If
3. Lookup
4. Hour
5. Minute
6. Second
![]() |
Langkah :
1. Menentukan menghitung Jam Masuk & Jam Pulang
2. Menentukan Batas Kriteria Jam Keterlambatan untuk menghitung Potongan Gaji
3. Menentukan Batas Kriteria Jam lebih untuk menghitung Lembur karyawan
4. Mengisi Data Absensi Karyawan
5. Membuat Rumus Otomatis atas jam kerja, Potongan dan lemburan tiap Karyawan
6. Membuat Slip Gaji otomatis untuk karyawan sesuai absensi dan posisi jabatan
Jasa Joki Olah Data Excel
- Laporan Equitas Perubahan Modal
- Laporan HPP Harga Pokok Produksi
- Pengertian dan Komponen Isi Laporan Arus Kas
- Pengertian dan Komponen Laporan Laba Rugi
- Laporan Neraca Posisi Keuangan
- Tabel R dan Penerapannya dalam Analisis Statistik
- Tabel F dan Penggunaannya dalam Analisa Statistik
- Cara Uji Regresi Linier Berganda di SPSS
- Cara Uji Heterokedastisitas Metode Koefisien Korelasi Spearman's Rho di SPSS
- Cara Uji Heterokedastisitas Metode Glejser di SPSS
- Cara Uji Multikolonieritas Metode Perbandingan Nilai Koefisien di SPSS
- Cara Uji Autokorelasi metode Durbin Watson di SPSS
- Cara Uji Multikolonieritas Metode Tolerance dan Variance Inflation Factor (VIF) di SPSS
- Cara Uji Reliabilitas Di SPSS
- Uji Multikolonieritas dalam asumsi klasik
- Cara Uji Validitas di SPSS
- Cara Uji Normalitas Shapiro Wilk di SPSS
- Cara Uji Normalitas Kolmogorov Smirnov di SPSS
- Siklus Konversi Kas
- Perbedaan Co Colaboration Work dan Team
- Peran dan Tanggung Jawab Struktur Organisasi Perusahaan
- Jasa Pembuatan Dashboard Excel
- Contoh Cara Membuat Template Business Model Canvas
- Jasa Pembuatan Proposal Study Analisa Kelayakan Usaha Bisnis
- kunci utama dan pilar pokok dalam menjalankan usaha bisnis
- Macam Jenis Kerjasama Bisnis Usaha
- Link Grup Komunitas Jasa Joki
- Cara Parafrase Agar Lolos Cek Turnitin
- Jasa Joki Parafrase
- Uji Autokorelasi untuk asumsi klasik
- Uji Heterokedastisitas Dalam Asumsi Klasik
- Uji Normalitas Data Penelitian untuk Asumsi Klasik Regresi
- Contoh Tutorial Cara Uji Normalitas Data Di SPSS
- Tutorial Cara Uji data Asumsi Klasik di SPSS
- Biaya Harga Jasa Joki Tugas Akuntansi
- Pengertian Jurnal Umum perusahaan dalam Akuntansi
- Jasa Pengerjaan Joki Tugas Kuliah Manajemen
- Contoh Soal dan Jawaban Metode Alokasi BOP
- Contoh Cara Membuat Transaksi Jurnal Umum Akuntansi
- Cara menghitung Harga Obligasi
- Contoh Soal Obligasi dan Jawabannya
- Jasa Joki Pembuatan Rumus dan Aplikasi Excel
- Macam jenis obligasi dan penjelasannya
- Cara Pencatatan Akuntansi Investasi Obligasi
- Jurnal Akuntansi Penerbitan Obligasi
- Cara menghitung obligasi metode bunga efektif
- Cara Mencatat Jurnal Penjualan Obligasi
- Cara Pencatatatan Jurnal Pembelian Obligasi
- Jenis Obligasi yang tidak memiliki jatuh tempo
- Perbedaan Sukuk dan Obligasi
- Cara Menghitung Bunga Obligasi
- Cara Perhitungan Pencatatan Jurnal Akuntansi Hutang Obligasi
- Cara Membuat Neraca Lajur Di Excel
- Cara Membuat Neraca Saldo Di Excel
- Cara Membuat Buku Besar Otomatis Di Excel
- Cara Membuat Jurnal Penutup Di Excel
- Cara Membuat Jurnal Penyesuaian Di Excel
- Cara Membuat Jurnal Umum di Excel
- Cara Menghitung Penyusutan Depresiasi Aset
- Cara Membuat Siklus Akuntansi Otomatis di Excel
- Pencatatan Jurnal Akuntansi Piutang Wesel
- Laporan Keuangan Toko Bangunan
- Program Akuntansi Laporan Keuangan Apotek
- Cara Rumus Menjumlahkan Data di Excel Spreadsheet
- Cara Membuat Nomer Urut Otomatis excel Spreadsheet
- Form Trial Program Akuntansi DEIRS Flowdi Consulting
- Perbedaan Harga Pokok Penjualan dengan Produksi
- Unsur laporan keuangan terkait kinerja perusahaan
- Sumber Pencatatan Neraca Saldo
- Dasar Materi Tentang Akuntansi
- Persamaan Dasar akuntansi
- Rekomendasi Software Akuntansi Laporan Keuangan
- Jasa Joki Tugas Akuntansi
- Cara pencatatan Jurnal Umum
- Materi Tentang Pengantar Akuntansi
- Pengertian dan Manfaat Laporan Keuangan
- Pengertian Aset Tetap & Macam Jenis Depresiasi Penyusutan
- Pengertian dan Macam Jenis Hutang atau Liabilitas
- Pengertian dan Macam Jenis Modal atau Equitas
- Pengertian dan Macam Jenis Aktiva Aset Lancar
- Les Privat Bimbel akuntansi
- Laporan Keuangan Resto FnB
- Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur
- Laporan Keuangan Perusahaan Dagang
- Pengertian dan Cara Manajemen Keuangan
- Tes DISC Excel online
Komentar