Cara Mengirim PDF spreadsheet otomatis Lewat Email
Cara Mengirim Surat PDF otomatis dengan spreadsheet App Script Melalui Email
Selain dapat mengirim email lewat spreadsheet atau google sheet, dapat juga mengirim file pdf, Dalam tutorial spreadsheet ini, menggunakan App skript untuk membuat dan mengirimkan Surat atau Nota atau faktur PDF melalui email pada pengiriman Formulir secara otomatis. coding skrip ini akan dipicu berdasarkan waktu terjadwal otomatis dan perintah manual meng klik tombol atau button selanjutnya akan secara otomatis menyimpan PDF di Drive dan mengirimkannya sebagai lampiran lewat di email yang di tuju.
Berikut Langkah langkah Cara Membuat dan Mengirim Surat PDF otomatis dengan spreadsheet App Script Melalui Email
Langkah untuk mengirim email surat pdf lewat spreadsheet harus di bantu dengan coding app script untuk membuat perintah pada program, cara nya sangat mudah, yaitu dengan membuat lembar halaman spreadsheet atau google sheet yang akan dikirim lewat email dalam bentuk pdf, lalu membuat tombol untuk memicu pengiriman email secar manual, selanjutnya membuat app script untuk membuat perintah pengiriman pada program, dan terakhir membuat pemicu otomatis mengirim email, berikut langkahnya
Membuat lembar halaman spereadshet yang berisi Surat atau Nota atau faktur pdf yang akan dikirim secara otomatis melalui Email
Sebelum mengirim pastinya perlu file yang berisi Surat atau Nota atau faktur sebagai bahan isi Email, ini dibuat lewat spreadheet atau program keuangan, berikut contoh lembar spreadsheet yang berisi Faktur penjualan sederhana yang nantinya akan di kirim kepada customer atau ke divisi yang berkepentingan sebagai arsip data perusahaan
Membuat Tombol kirim email atau button untuk memicu secara manual pengiriman surat nota atau faktur pdf lewat spreadsheet
Agar dapat mengirim Faktur pdf kepada customer atau kepada atasan secara manual diperlukan tombol atau button untuk memerintahkan program mengirim lewat email yang dituju, caranta dengan klik sisipkan lalu pilih gambar, disitu dapat membuat gambar sebagai tombol untuk mengirimkan spreadsheet berbentuk pdf dengan email
Membuat App Sript untuk mengirimkan email surat nota atau faktur pdf dengan spreadheet
Langkah Selanjutnya setekah membuat tombil pengiriman email, diperlukan coding atau app script untuk nantinya diletakkan pada tombol tersebut, caranya dengan klik ekstensi dan pilih app script
Setelah Script di atas sudah di copas ada yang perlu dirubah sesuai keinginan dan menyesuaikan file milik anda, yang perlu dirubah sebagai berikut
GID sesuaiakan dengan GID spreadsheet anda pdf yang anda kirim email
RANGE sesuaikan dengan file yang ingin anda kirim
Nama Faktur Penjualan sesuaikan dengan nama sheet dan keinginan nama file
Setelah selesai semua pilih save dan jalankan
Membuat pemicu kirim email otomatis atau trigger perintah pengiriman surat nota atau faktur pdf dengan spreadsheet
Setelah anda selesai membuat script dan sudah di save jalankan , anda juga bisa mengirim surat nota atau faktur pdf secara otomatis mengirim email kepada atasan ata email yang anda tuju secara rutun sesuai jadwal yang anda inginkan, yang perlu anda buat adalah dengan membuat pemicu atau trigger otomatis, caranya adalah dengan klik pemicu di bagian kiri jendela app script lalu isi seperti dibawah ini dan sesuaikan dengan jadwal yang anda inginkan dan save
Mengaktifkan code App Script di tombol pengiriman email otomatis dengan spreadsheet
Setelah proses pembuatan faktur penjualan, , tombol dan code app script untuk mengirim email otomatis, selanjutnya mengaktifkan code app script nya yaitu dengan cara klik kanan pada gambar lalu pilih titik 3 dan tetap kan script, selesai
Berikut contoh file untuk kirim email secara otomatis lewat spreadsheet app script dapat di download secara mandiri
https://docs.google.com/spreadsheets/d/1fTCo4yzzOeoHRR5OKTVccAdWlLR6NPeeKJHhYooCIRs/edit?usp=sharing
Jasa Joki Olah Data Excel
- Laporan Equitas Perubahan Modal
- Laporan HPP Harga Pokok Produksi
- Pengertian dan Komponen Isi Laporan Arus Kas
- Pengertian dan Komponen Laporan Laba Rugi
- Laporan Neraca Posisi Keuangan
- Tabel R dan Penerapannya dalam Analisis Statistik
- Tabel F dan Penggunaannya dalam Analisa Statistik
- Cara Uji Regresi Linier Berganda di SPSS
- Cara Uji Heterokedastisitas Metode Koefisien Korelasi Spearman's Rho di SPSS
- Cara Uji Heterokedastisitas Metode Glejser di SPSS
- Cara Uji Multikolonieritas Metode Perbandingan Nilai Koefisien di SPSS
- Cara Uji Autokorelasi metode Durbin Watson di SPSS
- Cara Uji Multikolonieritas Metode Tolerance dan Variance Inflation Factor (VIF) di SPSS
- Cara Uji Reliabilitas Di SPSS
- Uji Multikolonieritas dalam asumsi klasik
- Cara Uji Validitas di SPSS
- Cara Uji Normalitas Shapiro Wilk di SPSS
- Cara Uji Normalitas Kolmogorov Smirnov di SPSS
- Siklus Konversi Kas
- Perbedaan Co Colaboration Work dan Team
- Peran dan Tanggung Jawab Struktur Organisasi Perusahaan
- Jasa Pembuatan Dashboard Excel
- Contoh Cara Membuat Template Business Model Canvas
- Jasa Pembuatan Proposal Study Analisa Kelayakan Usaha Bisnis
- kunci utama dan pilar pokok dalam menjalankan usaha bisnis
- Macam Jenis Kerjasama Bisnis Usaha
- Cara Download Laporan Keuangan Perusahaan TBK IDX BEI
- Link Grup Komunitas Jasa Joki
- Cara Parafrase Agar Lolos Cek Turnitin
- Jasa Joki Parafrase
- Uji Autokorelasi untuk asumsi klasik
- Uji Heterokedastisitas Dalam Asumsi Klasik
- Uji Normalitas Data Penelitian untuk Asumsi Klasik Regresi
- Contoh Tutorial Cara Uji Normalitas Data Di SPSS
- Tutorial Cara Uji data Asumsi Klasik di SPSS
- Biaya Harga Jasa Joki Tugas Akuntansi
- Pengertian Jurnal Umum perusahaan dalam Akuntansi
- Jasa Pengerjaan Joki Tugas Kuliah Manajemen
- Contoh Soal dan Jawaban Metode Alokasi BOP
- Contoh Cara Membuat Transaksi Jurnal Umum Akuntansi
- Cara menghitung Harga Obligasi
- Contoh Soal Obligasi dan Jawabannya
- Jasa Joki Pembuatan Rumus dan Aplikasi Excel
- Macam jenis obligasi dan penjelasannya
- Cara Pencatatan Akuntansi Investasi Obligasi
- Jurnal Akuntansi Penerbitan Obligasi
- Cara menghitung obligasi metode bunga efektif
- Cara Mencatat Jurnal Penjualan Obligasi
- Cara Pencatatatan Jurnal Pembelian Obligasi
- Jenis Obligasi yang tidak memiliki jatuh tempo
- Perbedaan Sukuk dan Obligasi
- Cara Menghitung Bunga Obligasi
- Cara Perhitungan Pencatatan Jurnal Akuntansi Hutang Obligasi
- Cara Membuat Neraca Lajur Di Excel
- Cara Membuat Neraca Saldo Di Excel
- Cara Membuat Buku Besar Otomatis Di Excel
- Cara Membuat Jurnal Penutup Di Excel
- Cara Membuat Jurnal Penyesuaian Di Excel
- Cara Membuat Jurnal Umum di Excel
- Cara Menghitung Penyusutan Depresiasi Aset
- Cara Membuat Siklus Akuntansi Otomatis di Excel
- Pencatatan Jurnal Akuntansi Piutang Wesel
- Laporan Keuangan Toko Bangunan
- Program Akuntansi Laporan Keuangan Apotek
- Cara Rumus Menjumlahkan Data di Excel Spreadsheet
- Cara Membuat Nomer Urut Otomatis excel Spreadsheet
- Form Trial Program Akuntansi DEIRS Flowdi Consulting
- Perbedaan Harga Pokok Penjualan dengan Produksi
- Unsur laporan keuangan terkait kinerja perusahaan
- Sumber Pencatatan Neraca Saldo
- Dasar Materi Tentang Akuntansi
- Persamaan Dasar akuntansi
- Rekomendasi Software Akuntansi Laporan Keuangan
- Jasa Joki Tugas Akuntansi
- Cara pencatatan Jurnal Umum
- Materi Tentang Pengantar Akuntansi
- Pengertian dan Manfaat Laporan Keuangan
- Pengertian Aset Tetap & Macam Jenis Depresiasi Penyusutan
- Pengertian dan Macam Jenis Hutang atau Liabilitas
- Pengertian dan Macam Jenis Modal atau Equitas
- Pengertian dan Macam Jenis Aktiva Aset Lancar
- Les Privat Bimbel akuntansi
- Laporan Keuangan Resto FnB
- Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur
- Laporan Keuangan Perusahaan Dagang
- Pengertian dan Cara Manajemen Keuangan
- Tes DISC Excel online
Komentar