Cara Menghitung keterlambatan absensi Karyawan di Excel

Rumus Cara Menghitung Keterlambatan Absensi di Excel Spreadsheet

Pada saat melakukan proses rekap absensi karyawan terkadang harus menghitung data keterlambatan absensi karyawan pada jam kerja perusahaan, dan harus menghitung berapa jumlah menit karyawan terlambat masuk kerja atau pulang kerja, ataupun persentase absen, maka harus dihitung dengan formula excel spreadsheet agar bisa otomatis merekap semua data karyawan.

Cara menghitung waktu/jam keterlambatan absensi karyawan di Microsoft Excel menggunakan rumus sederhana, Prosesnya juga sangat cepat dan mudah.

Dunia kerja modern dan bahkan sekolah-sekolah menggunakan sistem absensi untuk melihat jam masuk serta total waktu keterlambatan-nya. Jika karyawan datang terlambat, Maka waktu keterlambatannya akan di catat untuk bahan evaluasi kinerja.

Microsoft Excel menyediakan berbagai rumus yang sangat mudah untuk digunakan dan bahkan bisa dipelajari dengan mudah oleh pemula, Salah satunya adalah rumus fungsi untuk menghitung waktu.

Persentase kehadiran karyawan sendiri adalah rasio dari kehadiran karyawan di kantor dalam jangka waktu tertentu. Jangka waktu yang digunakan sendiri menyesuaikan kebijakan di perusahaan, apakah itu mingguan, bulan, per kuartal, atau tahunan.

Nantinya, persentase kehadiran karyawan ini juga dapat mempengaruhi jumlah gaji yang akan dibayarkan. Namun, ada kalanya juga karyawan tidak hadir karena beberapa hal, seperti hari libur nasional, atau cuti karyawan.

Ketika ada keperluan mendesak pun, karyawan bisa mengajukan izin atau cuti untuk tidak hadir ke kantor.

Menghitung tingkat kehadiran karyawan penting agar proses operasional di perusahaan berjalan lancar. Dengan mengetahuinya, Anda dapat mengetahui apakah karyawan produktif atau tidak, mengingat jika mereka tidak hadir akan mengakibatkan produktivitas di tempat kerja bisa menurun.

Apalagi jika ada karyawan yang tidak hadir tanpa alasan yang jelas. Anda dapat langsung mengidentifikasinya dan dapat memberikan sanksi atau potong gaji. Maka dari itu, Anda perlu terus memantau persentase absensi karyawan sehingga hal-hal tersebut dapat dipantau dengan baik.

Menghitung total waktu keterlambatan absensi karyawan bisa menggunakan rumus fungsi Excel dengan penulisan atau logika sederhana. Dengan begitu, Menghitung jam terlambat bisa diselesaikan dengan sangat mudah menggunakan rumus excel.


Rumus yang digunakan adalah :

1. Time digunakan untuk membuat jdawal arau waktu kerja karyawan

2. If digunakan untuk uji logika dengan 1 Kriteria di Excel Spreadsheet

3. Ifs digunakan untuk uji logika dengan lebih dari 1 Kriteria di Excel Spreadsheet

3. And Digunakan untuk memberi kriteria lebih dari 1

Rumus Excel SPreadsheet Lengkap Telegram

Langkah :

1. Menentukan menghitung Jam Masuk & Jam Pulang

2. Menentukan Batas Kriteria Jam Terlambatan & Potongan Gaji

3. Menentukan Batas Kriteria Jam Pulang duluan & Potongan Gaji

4. Mengisi Data Absensi Karyawan

5. Membuat Rumus Otomatis dan Potongan tiap Karyawan



selain ini dapat juga menghitung jam kerja karyawan otomatis di excel spreadsheet

Jasa Joki Olah Data Excel 

JOKITA Menerima Jasa olah data joki excel ofline dan spreadsheets online sesuai pesanan dari yang paling sederhana sampai kompleks, seperti Data Base pengelolaan Karyawan, perhitungan gaji karyawan, pembuatan laporan analisis penjualan, absensi karyawan, Siklus Akuntansi Excel Spreadsheet Laporan Keuangan otomatis, Pos Input Penjualan untuk Kasir, inventory Keuar masuk persediaan barang dagang otomatis, perhitungan Harga Pokok Penjualan otomatis dan lain sebagainya. info lengkap ada di halaman Jasa joki excel bisa hub lewat Whatsap JOKITA 085754816044

Manfaat Penggunaan Rumus
List Materi Akuntansi dan Manajemen Keuangan - Flowdi Consulting

Komentar

Joki Tugas Akuntansi

Rumus Excel Dasar

Rumus Excel Logika

Rumus Excel Pencarian

Rumus Excel Statistic

Rumus Excel Text

Rumus Excel Array

- Manfaat penggunaan Rumus

- App Script